Syamsul Ma’arif al-Kubra dan kosmologi Islam klasik

ISENG-iseng, saya menemukan situs menarik, yaitu Scribd yang memuat buku-buku on-line gratis. Di sana, secara tak sengaja, saya menemukan sebuah buku yang menarik, yaitu Syamsul Ma’arif al-Kubra karangan Syekh Ahmad Ali al-Buni. Waktu saya masih di pesantren dulu, ini semacam “buku suci” dengan aura yang sangat misterius.

Persepsi populer di kalangan pesantren saya dulu, buku ini adalah semacam “primbon” yang berisi ilmu “kanuragan” atau ilmu sakti-mandraguna. Memang ada banyak pembahasan dalam buku itu yang menyangkut ilmu kesaktian. Tetapi, itu bukan satu-satunya isi buku tersebut.

Sekedar catatan ringan saja: oleh pemerintah Arab Saudi, buku ini masuk dalam daftar buku cekal, karena dianggap mengandung unsur syirik. Pemerintah Saudi bisa saja bisa mencekal buku ini saat dibawa oleh seseorang lewat bandara. Tetapi, bagaimana pencekalan itu bisa diterapkan saat buku tersebut sekarang beredar lewat internet? Dengan kata lain, ideologi “cekal” menjadi susah ditegakkan di zaman teknologi internet sekarang.

Buku ini sebetulnya menarik bagi mereka yang ingin mempelajari kosmologi Islam klasik yang banyak dipengaruhi oleh filsafat Pythagoras. Salah satu pembahasan utama buku ini adalah mengenai ciri-ciri semua huruf dan “khasiat spiritual” yang ada di baliknya. Ini merupakan ilmu rahasia yang dalam masa klasik Islam pun dipelajari secara sembunyi-sembunyi.

Dalam kosmologi itu, setiap huruf abjad berhubungan dengan planet atau obyek astronomis tertentu di alam raya. Huruf bukan semacam “pananda” (signifier) yang arbitrer dan melayang-layang bebas tanpa makna orisinal tertentu, sebagaimana kita kenal dalam filsafat strukturalisme. Huruf juga bukan seperti mantra yang tak memuat beban makna apapun, seperti pernah didakwahkan oleh Penyair Sutardji Calzoum Bahri melalui manifestonya yang terkenal itu.

Dalam kosmologi Islam seperti tampak dalam buku Syekh al-Buni ini, huruf (juga angka) memiliki hubungan “misterius” yang sifatnya niscaya dengan dunia “atas” (al-’alam al-’ulwi). Tak ada yang sifatnya arbitrer dalam kehidupan ini, termasuk kode-kode bahasa yang mewakili gagasan.

Bab pertama buku ini, misalnya, berbicara tentang huruf-huruf alfabet dan rahasia serta makna yang tersimpan di dalamnya (fi al-huruf al-mu’jamah wa ma fiha min al-asrar wa al-idhmarat). Dunia dan alam raya, dalam pandangan Syekh al-Buni, adalah semacam “universum” yang saling terkait satu dengan yang lain.

Ada dunia atas (al-’alam al-’ulwi) dan dunia bawah (al-’alam al-sufli). Dunia atas, dalam istilah dia, men-supply dunia bawah, wa inna al-’alam al-’ulwi yumiddu al-’alam al-sufli. Huruf-huruf adalah representasi dari dunia atas. Memahami rahasia huruf dan angka akan membawa seseorang untuk memahami “alam lain”. Bandingkan hal ini dengan gagasan Bonaventura, seorang teolog dan santo dari Abad 13, sebagaimana tergambar dalam risalah dia yang terkenal, Itinerarium Mentis ad Deum, yakni perjalanan akal atau jiwa menuju Tuhan.

Dengan menguasai rahasia huruf dan angka, seseorang bisa memanipulasi dunia yang tak tampak. Sekilas, ada semacam hubungan yang sifatnya instrumental antara manusia dengan dunia spritual, antara dunia bawah dan dunia atas. Ini mengingatkan kita pada pengamatan Malinowski tentang “magic” sebagai bentuk lain dari “science” dalam masyarakat primitif: keduanya sebagai cara manusia untuk “mengatasi” alam yang tampak di permukaan sebagai “ketidakteraturan” (chaos) yang mencekam.

Ada sejumlah observasi yang menarik yang dikemukakan oleh al-Buni mengenai karakter huruf. Misalnya, menurut dia, ada dua jenis huruf. Huruf yang ditulis dari kanan ke kiri; itulah huruf bangsa Arab. Kedua, huruf yang ditulis dari dari kiri ke kanan, yaitu huruf atau abjad bangsa Yunani, Romawi dan Koptik.

Huruf yang ditulis dari kanan ke kiri mempunyai karakter khusus, yaitu ditulis secara kursif (muttashilah); waktu saya masih kecil, sering disebut dengan huruf gandeng. Ini kita lihat dalam kasus huruf Arab. Sementara itu huruf yang ditulis dari kiri ke kanan, bersifat non-kursif alias terputus-putus.

Pengamatan ini, walau cermat, tentu mengandung banyak kelemahan. Sebagaimana kita tahu, abjad Latin yang ditulis dari kiri ke kanan bisa juga ditulis secara kursif. Semantara itu, tak semua huruf yang ditulis dari kanan ke kiri bersifat kursif seperti abjad Arab. Abjad Hebrew atau bahasa Yahudi ditulis dengan cara yang sama dengan abjad Arab, yaitu dari kanan ke kiri, tetapi ia tidak bersifat kursif.

Menurut Syekh al-Buni, jumlah huruf (maksudnya tentu huruf Arab) adalah 28, plus satu huruf lain, yaitu “lam alif“. Jika yang terakhir itu dimasukkan, maka jumlah keseluruhan adalah 29 huruf. Jumlah ini paralel dengan posisi rembulan terhadap matahari dalam waktu sebulan (al-manazil al-qamariyyah). Sebagaimana kita tahu, jumlah hari dalam kalender Hijriyah yang memakai sistem lunar adalah 29 hari, bukan 30 atau 31 hari seperti dalam kalender Gregorian yang memakai sistem solar.

Di sini, kita bisa melihat dengan baik sekali bagaimana hubungan antara huruf dengan sistem astronomis. Sekali lagi, huruf bukan kode arbitrer. Ia memiliki hubungan ontologis yang sifatnya “alamiah” dan niscaya dengan fenomena alam raya.

Ilmu yang termuat dalam buku ini bukanlah ilmu biasa, tetapi ilmu spesial yang hanya layak diketahui oleh kalangan tertentu. Al-Buni membuat semacam “pagar” tertentu agar buku ini tidak jatuh pada tangan yang tak tepat atau orang yang tak kompeten. Tak heran, buku ini, waktu saya di pesantren dulu, memiliki aura mistis yang membuatnya “angker”.

Dalam pembukaan buku ini, misalnya, Syekh al-Buni dengan tegas membuat semacam “disclaimer” berikut ini: haram bagi siapa saja yang mendapatkan naskah buku saya ini untuk memberi tahu kepada orang yang tak siap untuk menerima dan memahami isinya, atau menceritakan isi buku itu di tempat yang kurang layak.

Dalam tradisi Islam klasik, tampaknya terdapat suatu pandangan bahwa ada ilmu-ilmu tertentu yang harus disembunyikan dan hanya layak diberikan kepada orang-orang tertentu yang sudah memenuhi syarat tertentu. Pandangan semacam ini saya kira tidak hanya khas Islam, tapi juga ada pada beberapa masyarakat tradisional yang lain. Saya ingin menyebut hal ini sebagai “kosmologi mistis-feodal“.

Aura “kesucian” buku ini juga ditandai dengan beberapa hal lain. Dalam halaman yang sama, misalnya, Syekh Ali al-Buni mengatakan bahwa siapapun tak boleh “menyentuh “bukunya ini kecuali dalam keadaan suci (wa la tamussahu illa wa anta thahirun). Ilmu yang termuat dalam buku ini bukan ilmu normal, tetapi ilmu yang sangat khusus, dan karena itu harus diperlakukan secara khusus pula.

Yang menarik adalah Syekh al-Buni memakai isitilah “menyentuh”. Bagaimana istilah itu harus dipahami dalam konteks dunia digital? Teks buku al-Buni itu sekarang sudah berubah dalam bentuk file PDF yang melayang-layang secara bebas di dunia virtual. Apakah anda harus bersuci dulu saat mau membuka komputer untuk meng-akses data buku tersebut?

Penemuan mesin cetak Guttenberg dan teknologi digital saat ini telah mengubah konsep masyarakat tentang buku dan teks. Secara umum telah terjadi semacam “sekularisasi teks” melalui demokratisasi akses kepada buku. Aura kemisteriusan sebuh buku menjadi hilang sama sekali. Apakah ini bagian dari “hilangnya pesona dunia” (disenchantment of the world) seperti pernah disebut oleh Weber itu?

Kosomologi seperti tergambar dalam buku ini mungkin sudah tak dikenal lagi oleh kalangan santri atau umat Islam pada umumnya saat ini. Mereka tentu akan menganggap buku ini sebagai semacam “klenik” atau “superstition“. Kosmologi Kopernikan atau Newtonian lebih menarik bagi umat Islam sekarang. Dalam konteks kosmologi modern ini, buku seperti Syamsul Ma’arif al-Kubra sudah kelihatan aneh.[]

About Ulil Abshar-Abdalla

Iman yang kuat tak akan takut pada keraguan. Iman yang dangkal dan dogmatis selalu was-was pada pertanyaan dan keragu-raguan.
This entry was posted in Cerita Ringan. Bookmark the permalink.

13 Responses to Syamsul Ma’arif al-Kubra dan kosmologi Islam klasik

  1. ariss_ says:

    Komentar pertama untuk postingan ini, saya hanya mengucapkan terima kasih kepada Mas Ulil, saya menemukan beberapa (dan berbagai) ebook yang selama ini saya cari di Scribd. Kiranya, jika sampeyan memiliki bookmark situs2 menarik lainnya, terutama yg berkaitan dengan ebook2 islam klasik maupun kontemporer, untuk berkenan di-share kepada anggota milis islib.
    .
    Omong2, apa sampeyan tau link ebook Islam and The Destiny of Man karya Charles Le Gai Eaton? Jika ada, kasih tau saya ya ;-)

    Salam,

  2. iskandar says:

    Ass.
    Mas Ulill
    Nulis tentang Karl marx dong n fahamnya,..

    thx, ditunggu Mas,..

    Wass.

  3. lovepassword says:

    Hi Hi hi, saya kok jadi inget sama Syekh Sitti Jenar. Konon kata Gus Dur, Siti Jenar dihukum bukan masalah ajarannya bener atau nggak bener. Tetapi karena mengajarkan ilmu kepada sesorang/orang banyak yang belum saatnya menerima ilmu itu. Hi Hi hi……..

    Ilmu itu memang ada tingkatannya ya ???Nggak boleh loncat-loncat ????

    Emangnya kodok ya loncat-loncat ???

  4. dika says:

    kalo bisa, tolong dikirimin dong ke mkail saya buku syamsul ma’arifnya
    thanks

  5. yusuf F says:

    Mohon info dari para pembaca, dimana saya dapat membeli buku tersebut, atau bila Mas Ulil punya stock, saya sangat senang bila diberi hadiah buku tersebut. Trim

  6. a.saerozzi says:

    saya setuju, dan saya berharap mas ulil tidak senasib syeh siti jenar

  7. reghzch says:

    ass.wr.wb
    mas mohon dikirimin alamat downloadnya.thanks

  8. Cisdiyanto says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb. Mas Uli kalo bisa, tolong dikirimin dong ke e mail saya buku syamsul ma’arifnya dan alamat downloadnya
    thanks. Wassalam

  9. Moh. Aldjufrie says:

    assalamu alaikum……….
    mas Ulil, bisa gak bantu saya untuk mendapatkan kembali kitab tersebut (syamsul Ma.arif), saya pernah punya tetapi hilang pada saat ayah saya meninggal! terima kasih mas sebelumnya

    Moh. Aldjufrie – Palu

  10. rizal says:

    Terimakasih.

  11. atmonadi says:

    dear mas Ulil,

    kebetulan menemukan tulisan anda tentang Syekh Buni. Saya sebenarnya sedang nyari informasi tentang Suku Buni yang pernah tinggal di kawasan Pantura.

    Melihat tulisan Anda saya baru ngeh kalu dulu ada buku tentang rahasia huruf tersebut. Padahal saya sudah memblejeti seluruh huruf arab, hewbrew maupun alfabet, dan memang konstruksinya merupakan konstruksi kosmos.

    Tapi bukan merujuk ke pranata makro saja, justru awal akhirnya di mirkokosmos yaitu di ujung ibujari dan telunjuk kita sendiri. (Taksiran Ibu Jari dan telunjuk Muhammad, Muhammad Conjecture).

    Btw, tq atas infonya, saya mau tau isi buku tersebut. Mudah2an bukan dalam bhs Arab, soale meskipun saya tahu asal usul hrf Arab dan cara mengkonstruksinya (termasuk kontruski abajadun dan al-Jumalnya) terus-terang saya ini gak ngerti bahasa Arab.

  12. reynal says:

    Sya ska buku itu sya punya bnyak utk koleksi kitab klasik agama islam di arabsaudi mngapa mlarang buku itu?krna mreka tidak mpercayai ilmu ladzuni,ilmu sufi dan tasawuf mreka mlihat apa yg tidak di ajarkan rasul adalah bid’ah pdhal rasul mndpat kiriman peci Rajah dri rja najasy dan beberapa ulama membolehkan Azimat krna ada dalil walau sdikit jdi sprti hukum tawasul ibnu taimiyyah mnolak tawasul tpi ia tak mlarangnya dgn ancaman murtad bahkan ulama ahmad bin hanbal dan ibnu taimiyyah jga pembuat azimat jdi blum bisa dikatakan memakai azimat(tulisan asma Allah)murtad kcuali jimat yg mnyodor pda benda dan tulisan mantra jga simbol2 syirik

  13. A Mi Gh says:

    assalamualaikum mas Ulil, sy buka situs ini karna guru ngaji sy mencari kitab SYAMSUL MA”ARIF. bgt sy buka di situs ini ternyata mas Ulil punya, gmn caranya sy bs mendapatkan kitab tsb..? mhn penjelasan dr mas Ulil, salam.

Leave a Reply